Senin, 05 Januari 2015

Ekspedisi Sempu



        Akhir Cerita dalam kebersamaan kelas

  UIN Maliki Malang adalah merupakan salah satu perguruan tinggi yang berada di kota malang, dan pascasarjana berada di kota batu atau yang lebih di kenal dengan sebutan kampus 2, kampus yang berada di perbatasan kota Batu dan malang, beralamat di jalan Ir. Soekarno No 1. Kota Batu. Dan ini adalah tempat kami melanjutkan studi lanjut stara 2 dengan konsentrasi keilmuan di bidang manajemen pendidikan Islam, setelah 1 tahun lebih atau dari september 2013 sampai desember 2014, 
          Setelah di nyatakan lulus dan menjadi bagian dari civitas akademik UIN Malang seluruh maba (mahasiswa baru) di kumpulkan dalam aula dengan di beri muatan-muatan bekal dalam menempuh 3 semester bagi yang strata dua dan 6 semester bagi program doktoral, dengan di laksanakannya orientasi pascasarjana oleh pimpinan pasca sedikit banyak menggambarkan apa yang mesti di lakukan dalam masa pembelajaran yaitu di antara memiliki keinginan dan niat tepat waktu atau dengan kata lain yang magister 3 semester dan doktoral 6 semester, “itu dulu yang harus di pegang, sehingga dalam pelaksanaannya kita benar-benar memenej bagaimana upaya dan langkah yang di buat selanjutnya,” tutur direktur.  di samping itu beliau menyampaikan bagi yang tidak linier(serumpun) untuk berpikir kembali jika ingin mendapatkan gelar prof.  
Orientasi MABA Pascasarjana September 2013 bersama Direktur Pasca (Prof.Muhaimin M.A)
Kelas MPI (Manajemen Pendidikan Islam) adalah pilihanprogram studi yang rencana awal dalam perkuliahan di tempuh selama 3 semester dan ini menjadi paradigma baru, sebagai cara pandang melihat dinamika transisi pola pendidikan di tingkat nasional saat Muhammad Nuh menjabat mendikbud dan dipimpin Anis Baswedan saat ini. Di tempat ini pula kita berbagi pengetahuan saling tukar informasi, berdialog dan saling  ber”kritik” dalam konteks gaya menulis dan juga cara memahami masalah yang terjadi di era moderen khususnya Indonesia dalam hal manajemen pendidikan Islamnya dengan cara apa? Adanya mata kuliah yang menjurus kepada bidang profesi manajemen pendidikan yaitu diantara mutu pendidikan, supervisi, kurikulum, humas, sistem informasi, metodologi dan lain sebagainya  
Singkat cerita setelah 3 semester (1semester:4 bulan) berjalan agar terkesan ada kesan yang menarik dan bisa menjadi bahan cerita ketika kembali ke tempat asal masing-masing, maka di rembung bersama dan di cari tempat mana di sekitar malang yang menjadi destinasi dan memiliki panorama yang eksotis dan yang pastinya tidak mememakan waktu tempuh yang cukup lama. Sehingga sebagai kelompok kita bisa saling bekerja sama untuk sampai ke tujuan.





Pantai sempu adalah tempat yang di pilih, tepatnya segoro anaan . walau seminggu sebelum rencana keberangkatan baru di sepakati syukur alhamdulillah waktu nya keberangkatan tidak berubah dan sesuai rencana, walaupun di hari keberangkatan cuaca hujan, yang rencana awal jam 07-00 berangkat menuju sendang biru dari kota malang mundur 2 jam yaitu 09-00 baru bisa berangkat.  
  

      dan Ini rincian ekspedisi team, kalau kawan-kawan ingin ekspedisi sendiri yang pasti memakan anggaran yang cukup besar, karena di lokasi sendang biru keberangkatan melalui perahu itu di hitung pulang-pergi dan muatan yang harus di penuhi atau kapasitas adalah 10 orang jumlanya, ya.. kalau mau nebeng sih gak masalah,. yang penting sepintar-=pintar kita cari kenalan dan pintar komunikasi. berikut ini hasil ekspedisinya dari tanggal 29 desember sampai 30 desember:

        tanggal 29 desember pukul 06.58 keluar dari kontrakan, selanjutnya menggunakan sepeda motor menuju tempat berkumpul yaitu di depan mesjid MAN 3 Malang, tidak lupa mengisi Pertamax 30 Ribu (harga perliter 10.500). tiba di jalan bandung dan pukul 09-02 rombongan mulai star dari jl Bandung depan mesjid MAN 3 Malang menuju sendang biru, 11-25 tiba sendang biru (seribu), sekalian stand bye nungguin perahu dan mencari Guide (guide per/10 orang 1, dan kita bayarnya 130k), selanjutnya naik perahu menuju pulau sempu dan 12-10 tiba di sempu sekalian Makan siang 12-12 tiba di Pulau Sempu dengan menggunakan kapal.

      pukul 15.44 WIB Rombongan nyampe di segoro anaa. artinya jarak yang di tempuh dengan jumlah rombongan 20, maka bisa kita simpulkan jarak bibir panta sempu ke segoro anaan adalah 3 jam lamanya. pukul 15.45 pasang tenda, 17.45 di samping melihat pemandangan sempuh ada yang berenang dan ada yang ngopi bareng setelah mandi di sekitar bibir pantai 18-18 makan malam, makannya pop mie, 22-25 waktunya tidur, ini setelah banyak saling bertanya satu dengana yang lain mengenai resolusi apa di tahun 2015 dan apa yang terjadi pada diri sendiri 10 tahhun kedepan oleh motifator kelas  abdulhalim

       tanggal 30 desember 2014 pukul 04-38 bangun, dan olahraga sekaligus selfi-selfian 07-00 sarapan, 08-34 Bongkar tenda, dan pada pukul  09-34 mulai perjalan pulang deh, yaitu star dari segoro anaan menuju sempuh, 12-38 tiba di bibir pantai sempu sekalian menunggu jemputan perahu.


     
      Alhamdulillah rangkaian perjalanan ekspedisi sempu berakhir, dengan seluruh rombongan tiba di sendang biru, selanjutnya acara tambahan di pukul 14.04 semuanya pada mandi, karena medan di sempu lumayan becek. dan selanjutnya waktunya makan siang. 16-23 keluar dari sendangbiru. pukul 17-20 nyampe mesjid Turen “wisata 4 jam” sambil melakukan muhasah dengan sang Rabbi,  21.48 akhirnya nyampe juga  di kontrakan jl gondanglegi belakang UMM.





       Semoga menjadi tambahan referensi yang ingin ke sempu khususnya yang ngecamp sampai sehari di pantai segoro anaan, terakhir terimasih kasih yang sudah menbaca artikel singkat dan sampai jumpa buat teman-teman sekelas di waktu dan tempat yang berbeda. Smuda-mudah selama dalam pembelajaran ini kita banyak mendapatkan ilmu yang bisa kita terapkan di sekolah atau perguruan tinggi atau juga dalam kehidupan kita sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar